Pages

Pages - Menu

Sabtu, 05 Januari 2013

Dampak Pemanasan Global, China Diserang Musim Dingin Terburuk

MAMENDO - Minggu pertama tahun baru ini China dilanda musim dingin terparah sepanjang hampir tiga puluh tahun terakhir. Seribuan kapal terjebak laut yang beku, jalan raya tertutup es, ribuan calon penumpang terlantar akibat jadwal penerbangan pesawat yang akan mereka tumpangi dibatalkan dan aliran listrik terputus di beberapa propinsi.


Suhu rata-rata nasional sejak November yang saat ini tercatat -3,8 derajat celcius adalah yang paling rendah dalam 28 tahun terakhir. Kawasan terdingin adalah pantai timur China, timur Mongolia dan utara Xinjiang yang suhunya sempat tercatat turun drastis hingga -40 derajat celcius. 

Sebagaimana diberitakan China Daily, Minggu (6/1/2013) Badan Meteorogi China menyatakan musim dingin yang terburuk ini adalah akibat pemasanan global di kutub utara. Udara hangat di daerah itu mendorong angin ke arah selatan selain mencairkan salju dalam jumlah besar di utara China, Amerika dan Eropa.

Harian berbahasa Inggris itu juga melaporkan, sejak Jumat (4/1) lalu suhu dingin membekukan 27 ribu kilometer persegi permukaan laut. Di antaranya adalah di perairan pelabuhan di China Timur yang mengakibatkan seribuan unit kapal nelayan terjebak di dalam laut beku itu.

Sedangkan di Sichuan yang merupakan kawasan pegunungan, ribuan orang wisatawan terdampar sejak Rabu lalu. Mereka gagal meninggalkan lokasi sebab seluruh akses jalan raya ditutup akibat tertutup lapisan es yang licin sehingga terlalu berbahaya untuk dilalui.

Sementara badai salju menerpa selatan China sehingga mengganggu lalu lintas penerbangan. Pembatalan penerbangan juga berlangsung di berbagai kota di kawasan timur China dan menyebabkan calon penumpang terlantar. Sejumlah bandara telah melakukan penutupan sementara segala aktifitas penerbangan.
 

Cari Blog Ini